Minggu, 21 November 2010

Banyak Kenangan Ditempat Itu..




          Ruang kecil yang berukuran  4x4 meter ini, telah menjadi saksi bisu dari banyak peristiwa yang begitu sulit bahkan tidak mungkin untuk dilupakan, tawa canda yang lepas, derai air mata yang bercucuran, keluh dan kesah kami para anggota OSIS SMA Negeri 4 Parepare.
          Aku ingat, disekret ini aku pernah menitikkan air mata karena begitu lelah, aku pernah tertawa terbahak-bahak karena tingkah kakak dan adik kelasku yang menghibur saat aku lelah karena telah bekerja seharian. Diruang kecil inilah kami melepas penat setelah bekerja begitu keras untuk mensukseskan kegiatan sekolah. Tetapi kadangkala  pribadiku ini kecewa akan respon dari sebagian warga sekolahku, mereka seakan menganggap pekerjaan kami tak berarti sama sekali, begitu mudah seakan membalikkan telapak tangan. Yah.. itulah pendapat mereka, setiap pendapat harus kita hagai walau bertentangan dengan apa yang kita pikirkan.
          Suatu saat jika aku telah menjadi orang yang sukses (amiiend) dan aku kembali melihat sekolahku, yang pertama ingin aku lihat adalah “Sekertariat OSIS” ini. Ruang kecil ini bagai istana ditengah padang pasir, peneduh, naungan, dan yang terpenting adalah Tempat ini tersimpan begitu banyak kenangan…

Lailatul Qadar



Kupersiapkan diriku
Berdiri tegak dan meluruskan niat
Ku pandangi langit malam
Sekali lagi kumantapkan niatku
Untuk bertarung melawan hawa nafsu
Agar aku tak kehilangan malam yang indah-Mu
Malam Lailatul Qadar…

Wahai malam yang agung…!!
Aku takkan membiarkan pergi tanpa bertemu
Apalagi menyia-nyiakan-Mu…

Lailatul Qadar…
Ku takkan kalah…
Tunggu aku…!!
Sambut aku…

Mohon Ampunan



Mencoba untuk terbangun
Dari kesalahan yang begitu fatal
Kesalahan yang telah mengabaikan-Mu
Meragukan kehadiran-Mu Yang kuasa
Berjalan bersama dengan orang yang Kau nistai

Ya Allah…
Dengan linangan air mataku ini
Kumohon ampunan-Mu
Ku mohon maaf-Mu Ya Allah…

Diri ini begitu lemah tak berdaya dihadapan-Mu
Menghadap-Mu dan hanya mengandalkan
Kata maaf yang tulus untuk-Mu
Karena hanya dengan maaf-Mu
Akan mnerangi hatiku yang kumuh ini…

Ucap Syukurku



Segala Puji Bagi Allah…
Segala yang ada dialam semesta
Adalah milikmu semata
Allah Azza Wajahla…

Segala yang ada saat ini akan kembali pada-Mu
Terima kasih Ya Allah…
Atas segala yang telah Engkau berikan
Ucapan syukurku ini tidak akan terhenti
Terucap dimulutku hanya untuk-Mu
Karena Engkau adalah segalanya…

Kasih Sayang Yaang Indah



Aku menengadahkan anganku
Tertunduk dan merenung
Tak terasa aku menitikkan air mata
Teringat akkan keberadaan-Mu
Begitu tidak berdayanya aku dihadapan-Mu

Setidak berdayanya diriku ini
Aku tetap ikut berlomba
Dengan orang-orang yang selalu berada dijalan-Mu
Untuk mendapatkan kasih sayang-Mu Ya  Allah…

Dengan kasih sayang-Mu
Hidup terasa lebih indah dan tentram
Dengan Rahmat-Mu
Bagai cahaya di kegelapan

Ya Allah…
Tetaplah berada disisiku…!!
Agar Engkau tetap memberikan
Kasih sayang dan rahmat-Mu kapan saja…

Maaf_Mu



Tak ada kata yang lebih indah
Kata yang Engkau ciptakan
Begitu singkat, Begitu penting
MAAF…
Yah, ada maaf pasti ada kesalahan

Kami hamba-Mu ini…
Begitu sulit iuntuk memaafkan
Padahal hanya kesalahan kecil
Engkau, maha segalanya…
Kesalahan kami begitu besar, begitu fatal
Tapi pintu maaf-Mu senantiasa terbuka
Untuk kami…
Untuk Umat-Mu yang khilaf…

Sabtu, 06 November 2010

Biografi R.A Kartini


     Raden Ajeng Kartini lahir pada tahun 1879 di kota Rembang. Ia anak salah seorang bangsawan yang masih sangat taat pada adat istiadat. Setelah lulus dari Sekolah Dasar ia tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi oleh orangtuanya. Ia dipingit sambil menunggu waktu untuk dinikahkan. Kartini kecil sangat sedih dengan hal tersebut, ia ingin menentang tapi tak berani karena takut dianggap anak durhaka. Untuk menghilangkan kesedihannya, ia mengumpulkan buku-buku pelajaran dan buku ilmu pengetahuan lainnya yang kemudian dibacanya di taman rumah dengan ditemani Simbok (pembantunya).

     Akhirnya membaca menjadi kegemarannya, tiada hari tanpa membaca. Semua buku, termasuk surat kabar dibacanya. Kalau ada kesulitan dalam memahami buku-buku dan surat kabar yang dibacanya, ia selalu menanyakan kepada Bapaknya. Melalui buku inilah, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir wanita Eropa (Belanda, yang waktu itu masih menjajah Indonesia). Timbul keinginannya untuk memajukan wanita Indonesia. Wanita tidak hanya didapur tetapi juga harus mempunyai ilmu. Ia memulai dengan mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajarkan tulis menulis dan ilmu pengetahuan lainnya. Ditengah kesibukannya ia tidak berhenti membaca dan juga menulis surat dengan teman-temannya yang berada di negeri Belanda. Tak berapa lama ia menulis surat pada Mr.J.H Abendanon. Ia memohon diberikan beasiswa untuk belajar di negeri Belanda.

     Beasiswa yang didapatkannya tidak sempat dimanfaatkan Kartini karena ia dinikahkan oleh orangtuanya dengan Raden Adipati Joyodiningrat. Setelah menikah ia ikut suaminya ke daerah Rembang. Suaminya mengerti dan ikut mendukung Kartini untuk mendirikan sekolah wanita. Berkat kegigihannya Kartini berhasil mendirikan Sekolah Wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”. Ketenarannya tidak membuat Kartini menjadi sombong, ia tetap santun, menghormati keluarga dan siapa saja, tidak membedakan antara yang miskin dan kaya.

     Pada tanggal 17 september 1904, Kartini meninggal dunia dalam usianya yang ke-25, setelah ia melahirkan putra pertamanya. Setelah Kartini wafat, Mr.J.H Abendanon memngumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada para teman-temannya di Eropa. Buku itu diberi judul “DOOR DUISTERNIS TOT LICHT” yang artinya “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

     Saat ini mudah-mudahan di Indonesia akan terlahir kembali Kartini-kartini lain yang mau berjuang demi kepentingan orang banyak
sumber : http://chrissanta.wordpress.com

Sinopsis Romeo n Juliett

    
     Cerita, yang bersetting di Verona, dimulai dengan terjadinya pertempuran di jalan antara keluarga Montague dan Capulet. Pangeran Verona melerai dan menyatakan jike terjadi kekerasan, akan dilaksanakan hukuman mati. Selanjutnya, Count Paris berbicara dengan Lord Capulet mengenai rencana menikahi putrinya, tetapi Capulet waspada karena usia Julia masih 13 tahun. Capulet meminta Paris untuk menunggu dua atau tiga tahun lagi dan mengundangnya hadir pada pesta dansa Capulet. Lady Capulet dan The Nurse mencoba memaksa Julia untuk menerima lamaran Paris.

     Sementara, pada keluarga Montague, Benvolio berbicara dengan sepupunya Romeo, putra Lord Montague, mengenai kemurungan Romeo. Benvolio lalu mengetahui bahwa penyebabnya adalah karena Romeo tergila-gila dengan Rosaline, salah satu keponakan Lord Capulet. Dipaksa oleh Benvolio dan Mercutio, Romeo hadir pada pesta dansa Capulet dengan harapan bertemu Rosaline. Namun, Romeo justru jatuh cinta kepada Julia setelah menemuinya. Pada bagian yang sering disebut "balcony scene", Romeo mengendap-endap ke halaman Capulet dan tidak sengaja mendengar ucapan Julia di balkonnya yang menyatakan cintanya kepada Romeo meskipun keluarganya benci dengan Montague. Romeo lalu muncul di depan Julia, dan mereka setuju untuk menikah. Atas bantuan Friar Laurence, yang ingin kedua keluarga melakukan rekonsiliasi melalui bersatunya anak-anak mereka, Romeo dan Julia menikah secara rahasia pada hari selanjutnya.

     Sepupu Julia, Tybalt, yang tahu bahwa Romeo telah menyusup ke pesta dansa Capulet, menantangnya. Romeo, yang menganggap Tybalt sebagai saudaranya, menolak bertempur. Mercutio yang tersinggung dengan ketidaksopanan Tybalt lalu bertarung dengan Tybalt atas nama Romeo. Mercutio terluka parah ketika Romeo mencoba menghentikan pertempuran. Karena merasa bersalah, Romeo lalu membunuh Tybalt.
Montague setuju bahwa tindakan Romeo mengeksekusi Tybalt adalah tindakan yang adik. Pangeran Verona lalu membuang Romeo dari Verona. Romeo lalu diam-diam menghabiskan malam di kamar Julia, dimana mereka menyelesaikan pernikahannya. Lord Capulet, yang menyalahartikan kesedihan Julia, setuju untuk menikahinya dengan Paris dan mengancam untuk tidak mengakuinya sebagai anak jika Julia menolak menikahi Paris. Julia meminta pernikahan ditunda, namun ibunya menolak.

     Julia lalu mengunjungi Friar Laurence untuk meminta bantuan, dan ia menawarkannya obat yang akan membuatnya koma.[4] Friar berjanji untuk mengirim pesan mengenai rencana tersebut kepada Romeo, sehingga ia dapat bertemu dengan Julia ketika ia sudah terbangun. Pada malam sebelum pernikahan, Julia meminum obat, dan lalu dibaringkan di pemakaman keluarga setelah keluarganya menemukan Julia "tewas".
Namun, sang pembawa pesan tidak berhasil mencapai Romeo, dan ia mendapat informasi dari pelayannya Balthasar bahwa Julia meninggal. Patah hati, Romeo membeli racun dari The Apothecary, lalu pergi ke tempat Julia. Ia bertemu dengan Paris yang sedang melayat Julia. Mengira Romeo sebagai vandal, Paris menyerangnya, lalu Romeo berhasil membunuh Paris. Masih mengira bahwa Julia telah meninggal, ia meminum racun. Julia lalu terbangun dan melihat Romeo tewas, sehingga ia bunuh diri dengan pisau. Kedua keluarga dan Pangeran melihat Paris, Romeo dan Julia tewas. Friar Laurence lalu menceritakan kembali kisah Romeo dan Julia. Keluarga Capulet dan Montague lalu setuju mengakhiri permusuhan diantara mereka

Andrea Hirata


Tentu saja nama "Andrea Hirata" sudah tidak asing lagi kamu dengarkan. Dia seorang penulis novel saya kagumi, bagaimana tidak? Dia telah menulis novel yang bisa menjadi motivasi bagi kita. Berikut tentang Andrea Hirata yang selengkapnya.


Andrea Hirata Seman Said Harun (lahir 24 Oktober) adalah seorang penulis Indonesia yang berasal dari pulau Belitong, propinsi Bangka Belitung. Novel pertamanya adalah novel Laskar Pelangi yang merupakan buku pertama dari tetralogi novelnya, yaitu :
  1. Laskar Pelangi
  2. Sang Pemimpi
  3. Edensor
  4. Maryamah Karpov
Laskar Pelangi termasuk novel yang ada di jajaran best seller untuk tahun 2006 - 2007.
Selain Tetralogi laskar pelangi, Andrea juga menghasilkan karya lain, yaitu Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas yang terbit tahun 2010.
Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi, ia amat menggemari sains--fisika, kimia, biologi, astronomi--dan tentu saja sastra. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya.
Andrea berpendidikan ekonomi di Universitas Indonesia, mendapatkan beasiswa Uni Eropa untuk studi master of science di Universite de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari kedua universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi Ilmiah. Saat ini Andrea tinggal di Bandung dan masih bekerja di kantor pusat PT Telkom.

Rabu, 03 November 2010

Say No To Drugs


I. DASAR HUKUM
1. UU RI no. 22 Tahun 1997 tentang NARKOBA (pasal 4 tentang pelayanan kesehantan)
2. UU RI no. 5 Tahun 1997 tentang psikotropika.

II. SUMBER PEREDARAN
1. Heroin : Segi Tiga Emas (Myanmar, Thailand, Laos)
2. Kokain : Amerika Latin
3. Sabu : Eropa dan China
4. Ganja : Indonesia
Pembawa/distributor NARKOBA ini adalah Nigerian Drugs Traffikers ( Bangsa Nigeria).

III. JENIS NARKOBA
NARKOBA = NARkotika, psiKOtropika, Bahan adiktif lainnya.
1. Narkotika : OPIAT (morphin, putaw, heroin), KOKAIN, GANJA/ CIMENG.
2. Psikotropika : STIMULANTIA, HIPNOTIK (obat tidur), HALUSINOGEN (obat khayal).
3. Bahan Adiktif : Alkohol, rokok, lem aica aibon (ngelem)

IV. TEMPAT RAWAN NARKOBA
DISKOTIK
Diskotik merupakan tempat-tempat peredaran NARKOBA untuk kelas atas. Mahasiswa, pengusaha, pengangguran, sering terlibat peredaran di tempat ini.
Kamar kecil ( wc )
Kamar kecil di tempat-tempat umum adalah tempat yang sangat rawan dan sering menjadi tempat transaksi. Namun di WC, lebih banyak dilakukan tindakan PEMAKAIAN atau PENGONSUMSIAN NARKOBA. Apalagi di WC sekolah. Perokok sangat sering melakukan aksinya di WC-WC sekolah. Tak jarang siswa-siswa lebih suka masuk WC daripada masuk ke kelas mereka.
Kantin sekolah
Di kantin sekolah sering terjadi keramaian yang tidak karuan sehingga sulit sekali mengawasi adanya proses transaksi NARKOBA ataupun rokok. Tak jarang di kantin ini juga merupakan lahan untuk merokok bebas. Maka pihak sekolah dan OSIS lah yang harus terus mengawasi, mengatasi, dan memberantas perbuatan yang tidak mencerminkan seorang pelajar.
Warung sekitar
Bapak dan ibu guru serta pengurus OSIS juga harus terus mengawasi warung sekitar lingkungan sekolah apalagi jika di warung itu sering terlihat banyak anak-anak nongkrong. Ciri-ciri jika ada anak yang merokok atau mengkonsumsi NARKOBA adalah jika ada guru atau pengurus OSIS yang lewat, mereka langsung kikuk, sembunyi atau langsung pulang dengan tangan disembunyikan.
Tempat parkir
Tempat parkir di sekolah, universitas atau di pusat pembelanjaan sering menjadi lahan empuk bagi para pencandu dan pengedar NARKOBA.
PERPUSTAKAAN
Sering sekali perpustakaan menjadi tempat bersembunyi bagi para perokok atau pecandu narkoba. Apalagi dalam proses transaksi, mereka sering menutupi barang dengan buku yang pura-pura mereka baca. Peran petugas perpustakaan sangat penting dalam pengawasan disini.
Bandara,pelabuhan,stasiun
Seperti yang telah disebutkan di atas, tempat-tempat umum sangat rawan NARKOBA. Peran orang tua sangat penting dengan mengawasi anak-anaknya. Terkadang di tempat-tempat seperti ini terjadilah pengancaman untuk mencoba NARKOBA.
RUMAH KOS
Peran ibu dan bapak kos sangat penting dalam pengawasan. Kos-kosan yang paling rawan apabila rumah pemilik kos dengan kos-kosan mempunyai jarak, apalagi jika hanya diawasi penjaga kos yang ditunjuk pemilik.
WASPADALAH,
PERAN ORANG TUA, GURU, SAHABAT, TEMAN, KAKAK, ADIK DAN LINGKUNGAN SANGAT BERPERAN PENTING DALAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA!!
PERHATIKAN
Berikut adalah ciri-ciri PENCANDU ROKOK dan NARKOBA :
I. CIRI-CIRI FISIK
1. Gigi berwarna kuning.
2. Bibir hitam dan kering.
3. Wajah lusuh, lemas dan tidak bersemangat.
4. Pengantuk.
5. Suara serak.
6. Kantong mata berwarna gelap.

II. PERUBAHAN SIKAP
1. Kasar, pemarah, emosi tidak karuan.
2. Mudah tersinggung.
3. Pemalas dan tidak peduli lingkungan.
4. Pembangkang, melawan orang tua dan guru.
5. Sering melanggar peraturan sekolah mulai dari tingkatan rendah hingga tingkat tinggi.
6. Suka keluar kelas ± jam 9 pagi dengan alasan ke WC.
7. Mulai bergaya seperti preman.
8. Pelupa.
9. Tidak aktif dalam proses belajar mengajar.
Jika anda melihat atau mengetahui teman anda menjadi seorang pecandu rokok dan NARKOBA, bimbinglah. Sadarkanlah mereka! Karna TEMAN tak pernah membawa teman mereka kedalam keterpurukan!

FAKTOR PENYEBAB PENYALAHGUNAAN NARKOBA
1. FAKTOR AGAMA
Setiap agama pasti melarang pemakaian barang-barang terlarang yang merusak tubuh manusia. Keimanan seseorang juga sangat berpengaruh dalam proses pengendalian diri ini.
2. FAKTOR PENDIDIKAN
Faktor ketidaktahuan terkadang membuat seseorang terlanjur kecanduan. Mereka tidak tahu apa resiko yang ada di hadapan mereka. Sedangkan para intelek, orang berpendidikan yang mengonsumsi NARKOBA adalah orang-orang fasik. Mereka tahu, namun tidak mau tahu. Mereka MEMBODOHI mereka sendiri. Memang untuk meninggalkan rokok dan NARKOBA butuh proses. Oleh karnanya jika para pecandu ingin berhenti, yang mereka butuhkan hanya satu, yaitu TEKAD!
3. FAKTOR SOSIAL EKONOMI
4. FAKTOR BUDAYA
5. FAKTOR POLITIK
6. FAKTOR LINGKUNGAN
Pergaulan, tempat bermain, dan teman sangat mempengaruhi sikap dan pilihan hidup seseorang. Terkadang kecaman,pengucilan, dan rasa ingin tahu membuat kita lupa mengendalikan diri sendiri.
7. FAKTOR KELUARGA
Situasi rumah yang kurang kondusif dapat membuat anak melampiaskan kemuakannya ke hal-hal yang negatif. Ayah yang merokok, kakak atau adik yang mengonsumsi narkoba sangat berpengaruh buruk terhadap tumbuh-kembang mental si anak.

Ayo Tebak....!!


Siapa saudara Presiden Obama yg jd penjaga gunung Merapi?
^_^ Obama Rijan

Binatang melata apa yg diinjak diem ajah?
^_^ Kadal. Itu Lho kadal jepit.

Anak, anak apa yg paling kren sedunia?
^_^ Anak-anak bilang sih gue.

Hewan apa yang bisa jd kaya?
^_^ Hewan to be millioner.

Hewan apa yg suka berkelahi?
^_^ Hewan Perwakilan Rakyat.

Item, kecil, kummel, dekil, tp manis asem asin. Apakah itu?
^_^ Upil dikasih gula, asem sama garam.

Kenapa batu kalo dimasukin keair tenggelam?
^_^ Coz batu gak bisa berenang.

Tukang apa yg hargax 4rb tiba-tiba jd 5rb?
^_^ Tukang Patri. Waktu lewat dia bilang “Patri bu...” truz ibu xut “Gak bang pancix gak ada yg bocor”. Abangx pergi sambil bilang “mari bu....”

Apa yg dekat dimata jauh dihati?
^_^ Belek

Ikan apa yg bikin malu?
^_^ I.... kancing celanax kebuka.

Mengapa Doni merasa bahagia saat dokter memvonis dirix terserang tumor otak?
^_^ Krn menjadi yakin kalo dirix adalah orang yg pux otak.

Taman apa yg gak pernah dikunjungin wisatawan?
^_^ Taman kanak-kanak.

Kentang apa yg ditakutin murid sekolah?
^_^ KENTANGkap guru kalo lagi nyontek.

Sabun apa yg genit?
^_^ Sabun colek.

Ini Bukan Puisi


SaHabaT..........!!!!
SbeNarx aPa aRti saHabaT.........??
aPa gUna saHabaT........??
Katax sAhabaT sGaLax.......
yank mEngErti kiTa aDaLah saHabaT.......

Tp......
uNtuK meNdaPatkaN sMua iTu saNgat suLiT.......!!
Bahkan biSa diKataKan
TiDak muNgkiN pD maSa sePerti sAat iNi.....

bEgi2 kiTa sdH mErasa mEndPtkn saHaBat yAnk diCari2
aDa rIntaNgan yG mEmbuKa mata kaLo dY
buKan saHabAt seJati......

Kalo mEmaNg suDah mErasa mEndaPtkn saHabaT,
aDa saTu yAnk hRs diHindaRi......!!!
Yaitu, viRuz saHaBat.......
Ini teRmaSuk vIruZ yank saNgat gaNaz......
bIsa mErusaK pErsahaBatan yaNk suDah lama teRjaLin.....

VirUz iNi ada yaNk awaLx mEneBar cInta
daN akHirx kaN meNghaNcuRkaN peRsaHabaTanmu.....

adA juGa yaNk mEnyEruPai teMan yaNk baIk
Dan aKhiRx jUga Kan saMa dEngan vIruZ yanK perTama........

Kawand

Ada suka ada duka kawand
Hidup ini kan berputar kawand
Kita mesti tegar menghadapi
Untuk masa depan kita nanti.....

Tengoklah indahnya negeri ini
Kebesaran yang kita miliki
Tanah air yang indah dan permai
Bersama kita syukuri.....

Mari kita bergembira kawand
Tinggalkanlah rasa duka kawand
Indahnya persahabatan kita
Hidup kita kan bahagia.....

inii nih lagunya...
video

Mimpi Karenamu

Kau adalah segalanya diHidupku
Kau begitu nyata bagiku
Karena kau, aku memiliki mimpi
Memiliki arah jalani hidup ini

Tapi.....
Mengapa kau begitu sulit untuk kuraih
Kau bagai bintank yang sangat jauh
Jauh, diatasku
Membuat langkahku seakan ragu
Sangat ragu untuk meraihmu

Aku hanya berharap
Kau kan terus bersinar
Untuk menerangi langkahku
Dan membuat mimpiku menjadi nyata